Senin, 10 Januari 2011

Renungan Matius 6

Mari kita merenung lagi. Aristoteles berkata perenungan (kontemplatif) adalah bagian dari diri manusia utk mencapai kebahagiaan. Kita lanjut di matius 6:1-34. Cukup panjang,jadi kita lihat bagian per bagian. Berdoa dulu....
Setelah Tuhan Yesus menaruh arti kebahagiaan dlm diri(jiwa,pikiran) manusia, skg Tuhan mulai menaruh hukum(bahasa manajemen sekarang adalah SOP= std opr procedure) atau petunjuk utk hidup mencapai kebahagiaan itu. Kemarin bicara tentang hukum utama yahudi (taurat) yg hrs dijalankan. Hari ini prosedur sehari-hari (do's and don't's). Matius 6:1-18 tentang petunjuk menjalankan kewajiban agama(ayat1). Menariknya ada reward dan punishment juga. Rewardnya adalah upahmu besar di surga kalau kewajiban agama tidak kelihatan org lain. Jangan menonjol lah. Apa saja kewajiban agama kita? Ada 4 yakni :1. Memberi sedekah(ay2), 2.berdoa(ay5), 3. Memberi pengampunan(ay14) dan 4. Berpuasa(ay16). Sederhana rupanya kewajiban agama yg dijalankan dengan benar sesuai perintah Yesus. Tapi, apakah bisa dijalankan dengan konsisten? Memberi sedekah adalah wajib. Tuhan tdk menjelaskan berapa jumlahnya, tapi Tuhan mengutamakan hati/motivasi yg memberi. Apakah agar org melihat kita melakukannya. Rupanya Tuhan tidak suka. Per-lelangan atau sumbangan yg bisa dibaca banyak org rasanya jauh dari yg dikehendaki Tuhan. Kalau tangan kirimu memberi, jangan sampai tangan kananmu mengetahuinya. Artinya bahkan org dekat kitapun tdk perlu tahu persembahan sedekah yg kita berikan. Kenapa? Agar itu semua utk kemuliaan Tuhan. Mantap kan. Berdoa adalah kewajiban agama. Wajib artinya harus dilaksanakan, nggak boleh ditawar2. Tapi berdoa yg bagaimana. Jelas disampaikan di alkitab(baca sendiri). Mengampuni, wah ini yg susah, tapi ternyata merupakan kewajiban agama kita. Ayo tiap hari mengampuni, hapus kan setiap hari dr buku kita hal2 yg tdk mengampuni. Berpuasa, fenting bo! Jalani saja. Halleluya. Selamat berkarya. Gbu all

6 komentar:

  1. Nurmaya: Kelihatannya mudah..namun menjalankannya tdk mudah.banyak hal yang kita lakukan dg tujuan utk kemulian Tuhan mis cari dana pembangunan gereja,kegiatan agama (paskah/natal),menolong sesama yang terkena musibah dll...dengan cara2 yg ternyata Tuhan tdk berkenan (lelang mis di sebutkan di atas).Perlu hikmat dalam melakukan hal2 yg kelihatannya mudah secara duniawi,roh hikmat salah satu karakter yg perlu kita miliki (ciri2 ini ada pd Tuhan Yesus) dan juga roh pengenalan dan takut akan Tuhan .(Sesuai yg dikatakan oleh nabi Yesaya).

    BalasHapus
  2. Nurmaya: Jika ke 2 karakter di atas kita miliki,maka kerajaan surgawi ada dalam diri kita,kel kita dan lingkungan di sekitar kita.

    BalasHapus
  3. Nurmaya: Karena sesungguhnya kerajaan surgawi itu ada dlm diri kita sdr.

    BalasHapus
  4. Nurmaya: Intinya roh hikmat dan roh pengenalan dan takut akan Tuhan ,perlu kita miliki,percaya dan yakin dengan kuasa pertolongan roh Kudus kita dimampukan utk bisa meminta hal tsb pada Yesus (krn hanya Yesus yang punya).

    BalasHapus
  5. Nurmaya: Selamat berkarya,selamat menyongsong Natal biarlah kasih Tuhan selalu mempersatukan kita selalu dlm perayaan Natal tahun ini.Amiiin.

    BalasHapus