Minggu, 16 Januari 2011

Renungan Matius 9

Matius 9:1-38. Jesus still in action. Yesus menunjukkan kuasaNya. Ada 6 pekerjaan mujizat dan tentang pengajaran.Mujizat tsb adalah: orang lumpuh berjalan, pengampunan dosa(org lumpuh dan pemungut cukai), penyembuhan wanita pendarahan 12 tahun, anak perempuan yang dihidupkan kembali, dua orang buta yg dicelikkan dan orang bisu yang kerasukan setan. Sedangkan pengajarannya adalah belas kasihan (ayat 13) "Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa". Belas kasihan bhs inggrisnya mercy, artinya menunjukkan dan memperlihatkan kebaikan yag diberikan diantara manusia.
Kalau kita perhatikan hampir selalu ada kritikan ketika Yesus menunjukkan belas kasihannya. Saya perhatikan ada 4 kali kritikan dan 1 kali menertawakan perkataan Yesus. Kritikan datang dari imam farisi dan bahkan dari murid2 Yohanes krn mrk tdk berpuasa. Cara Tuhan Yesus merespons kritikan bukannya adu argumentasi dan debat kusir (kayaknya soal debat kusir nggak jauh2 dari kita neh). Ada 2 cara Tuhan Yesus merespons kritikan: pertama Dia mengarahkan ajaran yang benar kpd mereka yg mengkritik, yakni mencoba  meluruskan motivasi mereka supaya berpikir positif (ayat 4: mengapa kalian memikirkan hal2 yg jahat, atau ayat 12: masak orang berdosa tdk berhak dapat pengampunan?). Kedua adalah tindakan. Tuhan Yesus membungkam kritikan mereka dengan action yakni menyembuhkan, shg mereka tdk bisa ngomong apa2 lagi. Pemerintah kita baru2 ini dikritik oleh lintas agama dng 18 buah kebohongan. Presiden bisa menyikapinya dengan tenang dan berupaya berbuat yg terbaik buat negara.
Selamat berbuat baik dan terima kritikan dan menyikapinya tetap dng berbuat lebih baik lagi. Gbu

1 komentar:

  1. Nurmaya: Sebab kasih setiaMu lebih baik dari pada hidup;bibirku akan memegahkan Engkau.Demikianlah aku mau memuji Engkau seumur hidupku dan menaikkan tanganku demi namaMu.
    Mazmur 63:4-5
    Apa yg dimaksudkan oleh pemazmur dg mengatakan kasih setia Tuhan lebih dari hidup?
    Secara harafiah,kasih setia Tuhan diartikan sebagai belas kasihan.Hal ini berarti kasih Allah yg tdk pernah padam.Kasih inilah yg Allah maksudkan sbg sesuatu "yg lebih dr hidup".
    Kasih Allah lebih dari cukup bagi kita utk menjalani kehidupan ini.
    Respon alami utk kasih spt ini adalah sebuah pujian penuh syukur.Artinya setiap hari senantiasa mengucap syukur hingga Tuhan memanggil kita kembali kepadaNya.
    Kasih setia Tuhan menjamin kita menikmati kehidupan yg terbaik dlm hidup ini,jangan pernah kita sia-sia kan.
    Amin,Tuhan menyertai kita selalu.

    BalasHapus